Indonesia : ASEAN dapat memperoleh US$1 miliar dari ekonomi hijau
Indonesia : ASEAN dapat memperoleh US$1 miliar dari ekonomi hijau

Indonesia : ASEAN dapat memperoleh US$1 miliar dari ekonomi hijau

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan optimismenya bahwa ASEAN akan mampu menghasilkan US$1 miliar dari pengembangan ekonomi hijau.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat ini diketuai oleh Indonesia.

“Kita berharap ASEAN dapat memperoleh manfaat sekitar US$1 miliar dengan mengembangkan ekonomi hijau,” ujarnya dalam simposium ekonomi digital dan keberlanjutan di Jakarta, Kamis.

Dengan mengadopsi ekonomi hijau di kawasan Asia Tenggara, negara-negara ASEAN secara kolektif akan mampu menciptakan lima juta lapangan kerja baru sekaligus meningkatkan produk domestik bruto regional sebesar 7 persen pada tahun 2030, ujarnya.

Ekonomi hijau mengacu pada kegiatan ekonomi yang menghasilkan emisi karbon dioksida rendah atau nol, sehingga menimbulkan ancaman minimal terhadap lingkungan.

Hartarto menegaskan bahwa ASEAN dapat mengembangkan ekonomi hijau dengan melakukan ekspansi ke wilayah pertumbuhan baru dan meningkatkan efisiensi bisnis energi berbasis sumber daya alam, sistem pangan, dan sektor logistik, yang merupakan prioritas utama dalam ekonomi hijau.

“Selain manfaat ekonomi, penerapan ekonomi hijau di ASEAN akan membantu kawasan ini mengurangi emisi karbon hingga 80 persen,” jelasnya.

Selain itu, dengan mengadopsi ekonomi hijau, negara-negara ASEAN akan membantu perusahaan-perusahaan di kawasan meningkatkan efisiensi bisnis dan daya saing mereka untuk menghadapi tantangan global, katanya.

Indonesia saat ini sedang melakukan upaya signifikan untuk membangun fasilitas panel surya fotovoltaik sebagai bagian dari kebijakan hilirisasi industri untuk mendorong ekonomi hijau.

“Saya yakin ini (ekonomi hijau) akan memudahkan pembangunan daerah dengan lebih memperhatikan optimalisasi ruang digital dan energi terbarukan,” ujarnya.

Pada tanggal 16 Agustus, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan keyakinannya bahwa dengan mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan menerapkan ekonomi hijau, Indonesia dapat meningkatkan perekonomiannya.

Selain itu, beliau optimis bahwa para pemimpin negara berikutnya akan memasukkan upaya untuk mempromosikan dan mengadopsi ekonomi hijau dalam rencana kerja mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *