KPU tandatangani MoU dengan tiga lembaga tentang penyelenggaraan pemilu
KPU tandatangani MoU dengan tiga lembaga tentang penyelenggaraan pemilu

KPU tandatangani MoU dengan tiga lembaga tentang penyelenggaraan pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) Pemilu 2024 dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“MoU telah ditandatangani oleh KPU dan tiga lembaga yaitu Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan PPATK,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, pemilu merupakan momen demokrasi yang tidak bisa ditangani oleh satu partai saja. Ada banyak aspek yang memerlukan upaya bersama, tambahnya.

“Pemilihan umum harus melibatkan banyak pihak,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah pemilih pemula pada pemilu tahun depan akan banyak. Oleh karena itu, KPU akan berupaya menghadirkan semangat sportivitas dalam penyelenggaraan pemilu dengan menggandeng Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Proporsi pemilih muda luar biasa besarnya, tersebar di berbagai organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan, dan tentunya kita ingin mengusung semangat sportivitas yang dapat berkontribusi dalam kontestasi pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, kerja sama dengan PPATK diperlukan karena KPU mewajibkan peserta pemilu melaporkan dana kampanyenya.

KPU perlu bekerja sama dengan PPATK untuk menangani transaksi keuangan dan pelaporan dana kampanye, kata Asy’ari.

“Peserta pemilu perlu melaporkan dana kampanye. Harus ada rekening bank khusus dana kampanye, dan lembaga yang mengawasi transaksinya adalah PPATK,” jelasnya.

Sementara itu, KPU akan bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk memastikan optimalisasi pendidikan terkait pemilu di lembaga pendidikan yang diawasi kementerian.

“Ada pelajar dan mahasiswa yang masuk dalam kategori pemilih, serta guru, tenaga kependidikan, dan dosen yang bisa berkontribusi dalam mengedukasi pemilu,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *