Mendag RI Sebut Inggris Dukung 2 PED Indonesia
Mendag RI Sebut Inggris Dukung 2 PED Indonesia

Mendag RI Sebut Inggris Dukung 2 PED Indonesia

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Inggris (UK) mendukung dua prioritas economic delivery (PED) Indonesia, yaitu Inisiatif Berbasis Proyek Industri ASEAN dan Peta Jalan Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Inggris telah memberikan dukungannya kepada dua PED Indonesia melalui persiapan studi. Yang pertama, yang didukung PED Inggris adalah ASEAN Industrial Project-Based Initiatives. Kedua, Roadmap of the ASEAN Harmonized Standard for Supporting the Implementation of SDGs, kata Hasan di Semarang, Minggu, 20 Agustus 2023.

Forum ASEAN-Inggris tentang Integrasi Industri Regional merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) dan Terkait ke-55 yang diselenggarakan pada tanggal 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah.

Hasan menjelaskan bahwa para menteri ekonomi ASEAN dan Menteri Negara Perdagangan Internasional Inggris Nigel Huddleston membahas potensi sektor-sektor utama dalam proyek industri regional ASEAN, tantangan dalam pelaksanaan proyek, dan fasilitasi yang diperlukan untuk proyek tersebut.

Menurut Hasan, kerja sama industri dapat menjadi strategi untuk mendorong kerja sama ekonomi di tingkat regional, karena sektor industri sangat penting bagi sebagian besar negara anggota ASEAN.

“Sektor industri sangat vital bagi sebagian besar negara anggota ASEAN. Pelaku usaha ASEAN dan Inggris dapat memanfaatkan forum ini untuk membahas berbagai potensi kerja sama berbasis industri di ASEAN,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa lanskap perekonomian regional dan global telah berubah secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir.

Misalnya, kata dia, pandemi COVID-19 mengganggu aktivitas perekonomian global, termasuk industri manufaktur.

Ia berharap ASEAN-UK Forum on Regional Industrial Integration dapat meningkatkan kerja sama industri ASEAN dan Inggris serta mempercepat pertumbuhan investasi di ASEAN.

Hasil Pertemuan AEM ke-55 dan Pertemuan Terkait akan disampaikan pada KTT ASEAN ke-43 yang akan dihadiri para kepala negara ASEAN di Jakarta pada September 2023.

Indonesia memimpin Keketuaan ASEAN tahun ini, bekerja sama dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk memastikan bahwa ASEAN tetap relevan dengan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *