Tawaran Indonesia ke OECD: Jokowi Minta Dukungan Perancis
Tawaran Indonesia ke OECD: Jokowi Minta Dukungan Perancis

Tawaran Indonesia ke OECD: Jokowi Minta Dukungan Perancis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dukungan Prancis terhadap lamaran Indonesia menjadi anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Emmanuel Macron di India pada Sabtu, 9 September 2023.

Dalam keterangannya yang dikeluarkan pada Minggu, 10 September 2023, Jokowi menyampaikan bahwa menjadi anggota OECD merupakan upaya Indonesia untuk menjadi negara maju.

“Kami telah melakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan OECD,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, ia meminta Macron berbagi pengalamannya bekerja sebagai anggota OECD dan bagaimana mengoptimalkan manfaat keanggotaan.

Dalam pertemuan yang digelar di sela-sela KTT G20 tersebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas investasi Prancis di sektor-sektor strategis Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada Duta Besar Perancis untuk Indonesia yang telah mendatangkan calon investor Perancis ke ibu kota baru Nusantara (IKN) yang telah menghasilkan empat letter of Intent (LOI) untuk mendukung pengembangan IKN,” ujarnya.

Ia juga meminta Perancis mewujudkan komitmennya terhadap proyek transisi energi di Indonesia, termasuk melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

Dalam pertemuan hari Sabtu itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Prancis telah menunjukkan fleksibilitas sikap terhadap penodaan simbol agama dan kitab suci dalam konsep deklarasi G20.

Ia mencatat bahwa masalah ini adalah masalah yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia dan menggarisbawahi bahwa tindakan penodaan agama melukai perasaan umat Islam dan tidak dapat diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *