Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, Sebanyak 828 Masyarakat Dievakuasi

JAKARTA- Terjalin Kenaikan Kegiatan Gunung Api Ruang dari Tingkat II( WASPADA) jadi Tingkat III( SIAGA) di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.

Bersumber pada hasil pemantauan visual serta instrumental yang menampilkan terbentuknya kenaikan kegiatan vulkanik pada Gunung Ruang, hingga tingkatan kegiatan Gunung Ruang dinaikkan dari Tingkat II( Waspada) jadi Tingkat III( Siaga) terhitung mulai bertepatan pada 16 April 2024 jam 16. 00 Waktu indonesia tengah(WITA).

Bersumber pada laporan Pusdalops BNPB Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara meletus pada Selasa( 16/ 4) malam. Posisi terdampak Desa Pumpente serta Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang.

Laporan dari BPBD kabupaten Sitaro, Rabu( 17/ 4) Gunung Ruang kembali erupsi jam 01: 30 Wib serta terjalin hujan abu vulkanik. Jaringan komunikasi di Kampung Laingpatehi menimbulkan sinyal komunikasi terputus.

Akibat erupsi gunung Ruang sebanyak 272 Kepala Keluarga ataupun 828 jiwa mengungsi dengan rincian 45 jiwa terletak di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang serta sebanyak 783 jiwa terletak di rumah saudara serta kerabat di daratan Pulau Tagulandang.

Posisi pengungsian terletak di Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, Balai Pertemuan Universal( BPU) di Kecamatan Tagulandang. Alternatif terpaut ekspansi akibat erupsi hingga hendak difungsikan rumah- rumah ibadah di daerah Tagulandang Selatan serta Tagulandang Utara.

Penindakan erupsi Gunung Ruang, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro( Sitaro) menetapkan Status Paham Darurat sepanjang 14 hari terhitung mulai bertepatan pada 16- 29 April 2024. BPBD Kabupaten Sitaro serta BPBD Provinsi Sulawesi Utara membagikan dorongan berbentuk 123 lembar tikar, 120 pcs selimut serta 400 lembar masker. BPBD melaksanakan Kaji kilat, evakuasi serta penyiapan fasilitas evakuasi di Kecamatan Tagulandang.

Warga yang terdapat di Desa Patologi serta Desa Pumpente di evakuasi ke Kecamatan Tagulandang dengan memakai 2 unit kapal Ferry( KMP Lokong Banua serta KMP Lohoraung ditambah dengan perahu penyeberangan kepunyaan masyarakat. Pemerintah wilayah sudah mempersiapkan personil dilapangan terdiri dari BPBD, fitur Kecamatan Tagulandang, fitur Kampung,

Kelurahan, SatPol PP,

Damkar serta Dinkes dengan total sebanyak 30 personil. Pada Rabu( 17/ 4) BASARNAS Manado telah datang di Tagulandang dengan Kilometer. BIMASENA dengan kekuatan personil 20( ABK 15, Rescuer 5).

Sedangkan itu, PVMBG membagikan saran pada tingkatan kegiatan Gunung Ruang Tingkat III( Siaga) selaku berikut:

  1. Warga di dekat Gunung Ruang serta wisatawan/ turis supaya senantiasa waspada serta tidak merambah daerah radius 4 kilometer dari pusat kawah aktif Gram. Ruang.
  2. Warga di dekat Gunung Ruang diharap tenang, beraktifitas semacam biasa, tidak terpancing isu- isu tentang erupsi Gunung Ruang serta senantiasa menjajaki pertumbuhan kegiatan Gunung Ruang lewat aplikasi MAGMA Indonesia yang bisa diunduh di Google Playstore ataupun lewat web https:// magma. esdm. go. id

Abdul Muhari, Ph. D.

Kepala Pusat Informasi, Data serta Komunikasi Kebencanaan BNPB

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *